Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Alincia Nodika IAIP Pagaralam Author
  • Muhammad Dhori Institut Agama Islam Pagaralam, Pagaralam, Indonesia Author
  • Indah Witriani Institut Agama Islam Pagaralam, Pagaralam, Indonesia Author
  • Elsa Angriani Institut Agama Islam Pagaralam, Pagaralam, Indonesia Author

Keywords:

implementasi, kurikulum merdeka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana kurikulum merdeka diterapkan dalam pembelajaran bahasa 
Indonesia di SD Negeri 1 Pagaralam. Kurikulum Merdeka Belajar merupakan sebuah gagasan yang diwujudkan melalui 
kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk memberi keleluasaan kepada guru dan siswa dalam memilih metode 
pengajaran, dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pembelajaran yang mengesankan bagi 
pendidik dan peserta didik, serta mengutamakan aspek pembentukan karakter yang sejalan dengan prinsip-prinsip 
kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan kurikulum 
mandiri terdapat hasil proses pembelajaran, rangkaian pembelajaran, dan tujuan dari rangakaian tersebut yang terintegrasi 
pada silabus pengajaran. Penerapan kurikulum mandiri mata pelajaran bahasa Indonesia dilaksanakan sesuai dengan modul 
pengajaran yang telah ditetapkan. Memanfaatkan berbagai teknik pengajaran seperti pembelajaran kooperatif, diskusi, 
ceramah, dan tugas. Evaluasippelaksanaan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia meliputi penilaianddiagnostik,fformatif, 
danssumatif. Penelitian kualitatif ini memperoleh informasi dengan cara melakukan observasi, melakukan wawancara, dan 
mengumpulkan dokumen dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan informasi dilakukan 
melalui observasi dan wawancara terhadap informan utama. Terdapat kendala yang dihadapi pendidik dalam 
pelaksanaannya, seperti masalah dalam merancang materi pembelajaran serta evaluasi dan proyek profil siswa Pancasila. 
Dapat disimpulkan bahwa pada SD Negeri 1 Kota Pagaralam, implementasi kurikulum merdeka sudah berjalan lancar 
meskipun masih ada beberapa masalah yang perlu ditingkatkan dalam pembelajaran.

References

Abroto, Abroto, Maemonah Maemonah, and Nelsa Putri Ayu. 2021. “Pengaruh Metode Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (5): 1993–2000.

Arviansyah, Muhammad Reza, and Ageng Shagena. 2022. “Efektivitas Dan Peran Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar.” Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan 17 (1): 40–50.

Cholifah, M P. 2023. Pembentukan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka. CV. AZKA PUSTAKA. https://books.google.co.id/books?id=lHbMEAAAQBAJ.

Damayanti, Amelia Dwi, Azka Nidaul Jannah, and Neli Agustin. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Muhammadiyah 19 Sawangan.” Prosiding Samasta.

Dhori, Muhammad. n.d. “Analisis Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Belajar Mengajar Di SD Negeri 7 Kayuagung.”

Fajri, Suryadi, Nisa Ulaini, and Melia Susantri. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah.” Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora 6 (2): 387–97.

Febrianningsih, Rani, and Zaka Hadikusuma Ramadan. 2023. “Kesiapan Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (3): 3335–44.

Hasanuddin, S E, M Pd Chairunnisa, Winda Novianti, M Pd, Syamsi Edi, Atiyah Suharti, Nur Chayati, et al. 2022. Perencanaan Pembelajaran: Kurikulum Merdeka Belajar. Sada Kurnia Pustaka.

Idrus, L. 2019. “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9 (2): 920–35.

Muhammad Rizal, Najmuddin, Muhammad Iqbal, and Elfiadi Zahriyanti. 2022. “Kompetensi Guru PAUD Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (6): 6924–39.

Nurmawita, Nurmawita, and Siti Quratul Ain. 2023. “Kamampuan Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas Rendah Sekolah Dasar.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (6): 6777–86.

Qurniawati, Desti Relinda. 2023. “Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar.” Proceeding Umsurabaya.

Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6 (4): 6313–19.

Rahimah, Rahimah. 2022. “Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022.” ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 6 (1): 92–106.

Rahmadayanti, Dewi, and Agung Hartoyo. 2022. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (4): 7174–87.

Ramadhan, Iwan. 2023. “Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Pada Aspek Perangkat Dan Proses Pembelajaran.” Academy of Education Journal 14 (2): 622–34.

Rindayati, Evilia, Cindi Arjihan Desita Putri, and Rian Damariswara. 2022. “Kesulitan Calon Pendidik Dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 3 (1): 18–27.

Saputra, Dendi Wijaya, and Muhamad Sofian Hadi. 2022. “Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara Dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum Merdeka.” Jurnal Holistika 6 (1): 28–33.

Sopiansyah, Deni, Siti Masruroh, Qiqi Yuliati Zaqiah, and Mohamad Erihadiana. 2022. “Konsep Dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).” Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 4 (1): 34–41.

Yunita, Yunita, Ahmad Zainuri, Ibrahim Ibrahim, Ahmad Zulfi, and Mulyadi Mulyadi. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.” Jambura Journal of Educational Management, 16–25.

Zakso, Amrazi. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora 13 (2): 916–22.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. (2025). Al-Hasani: Journal of Islamic Studies, 2(1), 108-116. https://journal.iaiabsasarolangun.ac.id/alhasani/article/view/40