PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MTS - MA ASSYARIFAH GUNTUR DEMAK(Studi Analisis-Kritik Problematika Pembelajaran Bahasa Arab)

Authors

  • Ahmad Zaqi Maulana Sekolah Tinggi Agama Islam Islamic Centre Demak Author

Keywords:

Bahasa Arab, Pembelajaran, Problematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika pembelajaran bahasa arab dan solusi dari problematika tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan langkah-langkah analisis miles dan huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problem pembelajaran bahasa arab di MTs. Assyarifah Gendol Sarirejo Guntur Demak dan MA Assyarifah Gendol Sarirejo Guntur Demak yaitu (1) Problem Umum dibeberapa madrasah (2) Problem Khusus yang berkaitan dengan bahasa arab meliputi kaidah dan menulis bahasa arab (3) Problem individu siswa (4) Problem Pengajar atau guru. Adapun langkah solutif untuk mengatasi beberapa problem tersebut adalah; Pertama, menambah literatur dan pengetahuan materi bahasa Arab. Kedua, memulai pelajaran  kaidah dengan menyesuaikan tingkat kemampuan siswa dan memberikan contoh yang mudah diingat atau familiar bagi siswa. Mengajarkan dan membiasakan menulis huruf arab sesuai kaidah penulisan dengan bimbingan yang baik. Ketiga, guru harus lebih peka terhadap ragam latar belakang siswa mulai dari budaya, keilmuan, bahasa dan kepribadian siswa. Sehingga materi yang disampaikan dapat dipahami siswa dengan baik. Keempat, menyadarkan serta terus memberikan motivasi pada diri sendiri akan pentingnya mengembangkan keahlian dan keterampilan bahasa bagi pengajar bahasa arab, dengan cara sering melakukan penelitian atau menulis artikel dan mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan pengembangan kapasitas serta kualitas pengajar bahasa arab.

References

Aksa, H. (2021). Problematika pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII MTs Rahmatullah Al-Hasan NW Kekait tahun pelajaran 2020/2021 [Skripsi, UIN Mataram].

Al-Ghalayaini, M. (2003). Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah. Al-Maktabah al-‘Ashriyyah.

Amalya, D. A., & Khasanah, K. (2023). Error analysis of errors in Arabic phonetics at the university. Indonesian Journal of Islamic Studies, 11(2), 8.

Amirudin, N. (2014). [Problematika Pembelajaran Bahasa Arab]. Tamaddun. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.66

Anwar, Syaiful, (2016). Peran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter bangsa. At-Tadzkiyyah, 7 (1) https://doi.org/10.24042/atjpi.v7i2.1500

Asbarin, A., & Nurfadhilah, N. A. (2022). Tantangan dan problematika pembelajaran Bahasa Arab pada santri MTs Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu. Al-Waraqah, 3(2). https://doi.org/10.30863/awrq.v3i2.3033

Asy’ari, H. (2018). Ta’siru al-furuq al-jinsiyah fi ta’allum al-lughah al-‘Arabiyah min khilali at-ta’lim li tullab as-shafi al-mumtaz bilmadrasa al-Qodiri al-mutawasithah. Al-Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 15(2), 98–123.

Asy’ari, H., & Rufaiqoh, E. (2022). تطبيق مدخل التعليم و التعلم السياقي في تعليم اللغة العربية باستخدام الكتاب “العربية السهلة” لطالب جامعة القادري الإسلامية جمبر للسنة الدراسية 2021. Lughawiyyat, 5(1), 65–80.

Creswell, J. W. (1994). Research design: Qualitative and quantitative approaches. Sage Publications.

Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan solusinya. Arabiyat, 1(2).

Firdaus, D., & Asy’ari, H. (2021). مشكلة تعليم التعبير الشفوي العربي وتحليلها لطالب الصف النموذجي بالمدرسة القادري المتوسطة جمبر. An-Nathiq: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Arab, 2.

Hermawan, A. (2011). Metodologi pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosdakarya.

Hidayat, N. S. (2012). Problematika pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1).

Kholiq, I. N., & Tim Penulis. (2021). Problematika peserta didik dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Qur’an Glenmore Banyuwangi. Tadris Al-Arabiyat, 1(2), 302.

Kuraedah, S. (2015). Aplikasi maharah kitabah dalam pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’dib, 8(2), 82–98.

Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran keterampilan menulis (maharah al-kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15

Rahmadita, M., & Maulani, H. (2023). Problematika pembelajaran Bahasa Arab di tingkat MTs pada masa pandemi COVID-19. IHTIMAM, 6(1), 22–33.

Rufaiqoh, E. (2015). Tahlil al-akhtho’ al-lughawiyyah fi al-ta’bir al-kitabi laday thullab qismi ta’limi al-lughah al-‘Arabiyah bi al-jami’ah al-Islamiyah al-hukumiyah Jember. Lisan An-Nathiq: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Arab, 50(2), 138–169.

Rufaiqoh, E. (2022). Khosoisu al-lughah al-‘Arabiyah. Lisan An-Nathiq: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 34–46.

Sakdiah, N., & Sihombing, F. (2020). Problematika pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 2(1), 40–58. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.290

Sarbaini, A. (2018). Problematika pengajaran Bahasa Arab mahasiswa lulusan umum di Prodi PBA Jurusan Tarbiyah STAIN Jurai Siwo Metro 2016. An-Nabighoh, 20(2), 179

Suginono. (2008). Metode penelitian kuantitatif dan R & D. Alfabeta.

Winartha, I. M. (2006). Metodologi sosial ekonomi. Yogyakarta Andi 2006.

Yakin, A. (2021). Problematika pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia dan implikasinya terhadap pengembangan kurikulum Bahasa Arab. Dirosat: Journal of Islamic Studies, 7(1),58.

Yaqin, M. A. (2019). Mustawiyat al-dirasah al-‘Arabiyah li aghrad ‘ammah: al-marhalah al-ibtidaiyah wa al-mutawasithah wa al-muqaddimah mustawiyat al-ada’ al-mukhtalifah fi mumarasah al-lughah bima fiha min jawanib ma’rifiyah au wajdaniyah au nafs harakiyah. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 93. https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.743

Yaqin, M. A. (2022). Penggunaan media WhatsApp pada pembelajaran maharah kalam Bahasa Arab pada mahasiswa PBA IAI Al-Qodiri Jember. Al-Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 20(2), 318–326. https://doi.org/10.53515/qodiri.2022.20.2.318-326

Yaqin, M. A. (2023). Pembelajaran maharah kalam di lingkungan buatan (Studi analisis deskriptif dalam pemanfaatan proses pembelajaran maharah kalam Bahasa Arab di Indonesia). Fashohah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, 1(3), 1–16.

Yurman, A. M., & Tim Penulis. (2023). Fa’aliyyah tathbiq al-wasa’il al-sam’iyyah al-syafahiyyah li tarqiyyah maharah al-kalam lada thullah Madrasah As’ad al-Mutawassithah al-Islamiyyah bi Madinah Jambi. Lughawiyyat, 5(1), 45

Zakiah, N. (2021). Problematika pembelajaran Bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Islamiyah Kotabumi Lampung Utara. Indonesian Journal of Instructional Technology. http://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit

Zakiatunnisa, & Tim Penulis. (2020). Problematika pembelajaran Bahasa Arab dan solusinya bagi non-Arab. Prosiding Semnasbama IV UM, 2,52.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MTS - MA ASSYARIFAH GUNTUR DEMAK(Studi Analisis-Kritik Problematika Pembelajaran Bahasa Arab). (2025). Al-Hasani: Journal of Islamic Studies, 2(1), 1-16. https://journal.iaiabsasarolangun.ac.id/alhasani/article/view/73

Similar Articles

1-10 of 17

You may also start an advanced similarity search for this article.