Membuka Pintu Kesempatan: Pendekatan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Syifa Rahmawati Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Author

Keywords:

Pendekatan Inklusif, Pendidikan, Agama Islam

Abstract

Tujuannya artikel ini yaitu untuk mengungkap konsep pendidikan yang inklusif, terutama dari perspektif Islam. Jika diterapkan pada layanan dalam pendidikan agama Islam untuk lebih diperhatikan lagi, seperti pendidikan (sekolah) pada umum nya dan sekolah agama, pendidikan inklusif dari sudut pandang format dan model penyelenggaraan pendidikan tidak mustahil. Proses pendidikan Islam yang terbuka untuk keberagaman dikenal sebagai pendidikan agama Islam inklusif. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan ketakwaan seseorang sehingga mereka dapat memahami, menghargai, dan bekerja sama dengan orang lain melalui aktivitas pendidikan yang sesuai dengan falsafah Islam. Metode inklusif dalam pendidikan agama muslim yang akan dijelaskan pada pembahasan dalam materi ini. Penelusuran ini dapat dilakukan dengan pengamatan yang lebih dalam yang menggunakan metode pengumpulan data ini termasuk penelitian literatur atau kajian pustaka ( Library reseach ) yang menggunakan buku dan pembahasan yang tepat pada materi ini. Studi ini menyatakan tuntutan kebenaran dan pembebasan ditolak melalui pendekatan inklusif. Religi, agama, dan proses terus menerus menjadi religius adalah tiga hal yang terkait dengan pendekatan iklusif. Ada dua metode inklusif: metode deskriptif dan metode normative.

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Membuka Pintu Kesempatan: Pendekatan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (2024). Al-Hasani: Journal of Islamic Studies, 1(1). https://journal.iaiabsasarolangun.ac.id/index.php/alhasani/article/view/18