PENGARUH METODE BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN PAI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA
Keywords:
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran berdiferensiasi terhadap aspek kognitif siswa pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi yang diambil sebagai sampel adalah seluruh siswa kelas XI MIA 1 yang berjumlah 23 siswa di MA Plus Al-Islam. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Random Sampling. Kelas XI MIA 1 dipilih sebagai sampel penelitian. Metode penelitian yang diterapkan adalah pre-eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test. Hasil analisis Uji-T menunjukkan bahwa ditemukan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang menunjukkan bahwa nilai ini lebih kecil daripada α 0,05. Ini berarti bahwa probabilitas mendapatkan perbedaan yang sebesar dari yang diamati dalam sampel adalah sangat rendah, hampir mendekati nol. Dalam konteks ini, nilai signifikansi yang sangat rendah mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara dua kelompok atau kondisi yang peneliti bandingkan dalam analisis. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran berdiferensiasi secara signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa terhadap mata pembelajaran Pendidikan agama Islam di MA Plus Al-Islam. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, penulis menyajikan rekomendasi Penelitian selanjutnya diharapkan mampu mengevaluasi hasil belajar siswa bukan hanya pada satu aspek kognitif saja melainkan mencakup aspek afektif dan psikomotorik.